Humor Dalam Islam

Tertawa merupakan fitrah manusia apabila manusia menemui suatu kelucuan. Sebagai agama yang mengatur segala gerak gerik manusia, Islam juga telah memberikan panduan dalam hal tertawa. ALLOH SWT sendiri berfirman “dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis” (QS An Najm(53):43).

Rasululloh SAW sendiri suka bersenda gurau, bercanda, dan tertawa. Hal ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yg ‘akrab’…karena tertawa PADA TEMPATNYA bisa mengakrabkan orang, bahkan bisa mendamaikan pihak2 yang bersengketa. Imam Ghazali dalam kitabnya, Ihya Ulum al-Din, menuliskan bahwa Ali bin Abi Thalib pernah menceritakan bahwa Rasululloh adalah seorang yang periang, ramah, orang yang paling banyak tersenyum di hadapan para sahabatnya, merasa kagum terhadap apa2 yang dibicarakan para sahabatnya itu bahkan kadang2 tertawa hingga terlihat gigi gerahamnya.

Namun, Islam MELARANG tertawa yang berlebihan, karena bisa ‘mematikan’ hati. Bagaimana tertawa yang mematikan hati itu?? Untuk hal ini, dari berbagai buku2 yang aku baca, disebutkan bahwa yang dimaksud dengan tertawa yang mematikan hati adalah tertawa yang membuat kita lupa kepada ALLOH SWT, seperti tertawa ketika melakukan perbuatan2 zalim, tertawa ketika mendengar ayat2 ALLOH SWT yang menjelaskan siksa neraka, tertawa ketika seseorang menjelaskan ilmu2 agama. Tertawa seperti inilah yang dilarang.

Bersamaan dengan artikel humor ini, aku tambahkan juga kategori baru di blog ini, yakni kategori Humor. Tujuannya untuk menghibur, namun dengan harapan hiburan ini tidaklah membuat hati kita membatu dan tidak ingat kepada ALLOH SWT. Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: