Tips belajar menulis

Tulisan ini dulu sudah pernah saya publikasikan, cuma karena  hilang maka baru sekarang sempat di upload lagi.”

Belajar menulis yang dimaksud disini adalah menulis secara umum, baik menulis konten, menulis artikel, atau menulis karangan, bukan belajar menulis bagi siswa SD.  Jadi belajar menulis disini istilahnya belajar menulis dalam tanda petik. Kebanyakan orang mengatakan memang susah untuk menulis, tidak tau apa yang harus ditulis, darimana memulai tulisan, takut kalau hasil tulisannya jelek, takut kalau tulisannya di ejek orang. Bagi yang pintar menulis, enak saja membuat tulisan, membuat tulisan artikel apa saja mudah dan enak dibaca.

Belajar menulis, kalau dibilang susah mungkin juga susah, kalau dibilang gampang mungkin juga gampang, jadi relatif. Bagi yang tidak bisa menulis pasti mengatakan susah, tapi bagi yang pintar menulis pasti mengatakan gampang. Tapi, seperti kata orang bijak, di dunia ini tidak ada yang tidak bisa dilakukan.

Untuk belajar menulis, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan :

1. Menulis apa adanya.

Menulis saja apa adanya tanpa beban, tidak usah berpikir tulisannya bagus atau jelek, tulis saja apa yang ada dibenak kita, tidak usah dipikirkan tata kalimatnya, tulis saja dulu apa yang ada di benak. Tidak usah dipikirkan ah jangan-jangan tulisan saya nggak dibaca orang. Hilangkan pikiran-pikiran seperti itu, karena akan menghambat tulisan dan tidak jadi menulis.  

2. Menulis seakan-akan berbicara.

 

Menulis seakan-akan kita sedang berbicara, tulis saja apa yang akan disampaikan. Kalau anda pernah menulis surat kepada teman atau kekasih, maka anda tidak ada kesulitan. Bahkan contoh paling gampang adalah menulis sms, tentunya anda sudah terbiasa menulis sms, nah seperti itulah belajar menulis.  

3. Mulailah menulis

 

Untuk memulai menulis ini yang agak susah, kadang malas atau ah nanti saja nulisnya, atau lagi pikir-pikir mau nulis apa ya, akhirnya nggak jadi-jadi nulisnya. Segala sesuatu memang memulai awalnya yang sulit, tapi setelah dimulai maka kesulitan akan hilang dan akan menjadi mudah.  

4. Menulis kejadian

Untuk belajar menulis, bisa dimulai dari menulis kejadian sehari-hari, seperti menulis diary. Saat menulis diary pasti tidak ada beban, bahkan bisa menuangkan segala isi hati yang ada di benak. Atau menulis rencana kegiatan besok atau menulis kegiatan yang dilakukan hari ini, tulis saja apa adanya tanpa beban.

5. Latihan

Belajar menulis harus latihan, banyak latihan semakin bagus dan semakin mahir dan akan menjadi ahli. Jika sudah mahir / ahli, barulah dikoreksi tulisan-tulisannya, dikoreksi tata bahasanya, dikoreksi idenya. Segala sesuatu tidak ada yang langsung bisa, tidak ada yang langsung pintar, tidak ada yang langsung jadi ahli, semuanya perlu proses dan latihan.

Jika sudah bisa dan terbiasa menulis, barulah belajar bagaimana tulisan yang menarik. Karena membuat tulisan yang menarik jika kita sudah terbiasa menulis, sudah berpengalaman membuat tulisan.

Demikian sekedar tips belajar menulis secara umum, lain waktu akan dibahas tips belajar menulis dengan tema yang lain.

Semoga bermanfaat,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: